Kamis, 16 Desember 2010

Muktamar Hizbul Wathan ke-2

PROPOSAL MUKTAMAR

GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN KE-2

I. DASAR PEMIKIRAN

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan adalah organisasi kepanduan yang termasuk dalam kepanduan tertua di Indonesia.Didirikan oleh KH.Ahmad Dahlan,pendiri Organisasi Muhammadiyah pada tahun 1918 M,dilatarbelakangi atas kekaguman beliau melihat anak-anak muda berseragam lengkap (para anggota Javaanche Padvinder Organisinisatie) berbaris rapi sembari melakukan kegiatan yang menarik.Ketertarikan dan gagasan KH.Ahmad Dahlan tersebut dikembangkan melalui pembahasan dan pematangan oleh beberapa orang yang dipelopori oleh Soemodirdjo dengan mendirikan Padvinder Muhammadiyah yang diberi nama Hizbul Wathan.

Sampai sekarang Hizbul Wathan menjadi organisasi kepanduan yang tumbuh dan berkembang secara mandiri ditengah masyarakat dengan berpegang pada prinsip-prinsip kepanduan yang sebenaanya (real scout) sebagaimana yang dicita-citakan oleh Bapak Pandu Sedunia Lord Baden Powell.Dalam sejarah perjalanan bangsa tercatat betapa gerakan kepanduan hizbul wathan telah memberikan konstribusi dan andil yang besar bagi bangsa dan Negara tercinta ini. Hizbul Wathan telah banyak melahirkan tokoh patriot bangsa salah satunya adalah Bapak Panglina TNI Jenderal Sudirman.

Pada tahun 1961 gerakan kepanduan Hizbul Wathan bersama sekitar 60 organisasi kepanduan lainnya oleh pemerintah Orde Lama Presiden Soekaro diharuskan lebur dalam kegiatan organisasi kepanduan Pramuka melalui Keppres No.238 tertanggal 20 Mei Tahun 1961 sehingga kegiatan Kapanduan Hizbul Wathan.

Seiring dengan era reformasi dan demokrasi,Pimpinan Muhammadiyah dalam Sidang Tanwir di Bandung Tahun 1999 mendeklarasikan bangkitnya kembali kegiatan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan menjadi salah satu Ortom Muhammadiyah . Dengan semangat itulah Hizbul Wathan telah berhasil melaksanakan Muktamar yang I di Yogyakarta pada tanggal,27-29 Dzulqa’dah 1426 H/29-31 Desember 2005 M.Sejak kebangkitannya hingga saat ini Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan telah tumbuh menjadi Gerakan Kepanduan yang berkarakter dan berdasar Islam sesuai maksud dan tujuan muhammadiyah.

Dalam perjalanan selanjutnya, memasuki 10 tahun usia kebangkitannya, gerakan kepanduan hizbul wathan telah berkembang disetiap daerah hal itu ditandai dengan terbentuknya Kwartir Wilayah,Kwartir Daerah, Qabilah yang sudah hampir merata pada setiap daerah diseluruh Indonesia.

Untuk lebih memantapkan kiprah kedepan, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan akan menyelenggarakan Muktamar ke-2 di jakarta dengan beberapa rangkaian kegiatan penyerta muktamar antara lain pawai ta’aruf, sidang tanwir, gelar drum band Hizbul Wathan 1000 personil.

II. LANDASAN

1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah

2. Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan

3. Program Kerja Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan.

III. NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama MUKTAMAR KE-2 GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN dengan Tema “ESTAFET KEPEMIMPINAN HIZBUL WATHAN MENUJU MASYARAKAT UTAMA”

IV. BENTUK KEGIATAN

Bentuk kegiatan antara lain:

1. Tanwir

2. Muktamar

3. Pawai Ta’aruf

4. Gelar 1000 personil pasukan Drum Band Hizbul Wathan

V. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini antara lain:

1. Melaksanakan amanah yang tercantum dalam AD/ART Muhammadiyah, AD/ART Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan

2. Sebagai sarana untuk memilih kepengurusan Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan periode 2010-2015.

3. Mengakomodir berbagai saran/usulan dari daerah-daerah sebagai kebijakan untuk menjadi bahan masukan demi kemajuan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dimasa yang akan datang.

4. Menyusun dan membahas program kerja untuk periode mendatang

5. Menetapkan kepengurusan Kwarpus untuk periode 2010-1015.

VI. PESERTA

Peserta muktamar adalah anggota Kwartir Pusat,Kwartir Wilayah, Kwartiir Daerah seluruh Indonesia dengan rincian sebagai berikut:

1. Anggota Kwartir Pusat = 54 orang

2. Utusan Kwartir Wilayah = 48 orang

3. Utusan Kwartir Daerah = 616 orang

4. Peserta Pawai Ta’aruf = 4.000 orang

5. Peserta Drum Band = 1.000 personil

6. Peserta Penggembira = 50 orang

T o t a l = 5.768 orang

VII. WAKTU DAN TEMPAT

1. Tanwir Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan

Hari/Tanggal : Kamis,13 Januari 2011

Waktu : Pukul 15.00-23.00 Wib

Tempat : Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah

2. Muktamar Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan

Hari/Tanggal : Jumat-Sabtu/14-15 Januari 2011

Waktu : Pukul 08.00 sampai selesai

Tempat : Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah

3. Pawai Ta’aruf

Hari/Tanggal : Ahad,16 Januari 2011

Tempat Start : Parkir Timur Senayan Jakarta

Tempat Finish : Lapangan Monas Jakarta

VIII. SUSUNAN PANITIA

(Terlampir)

IX. PENUTUP

Demikian proposal ini kami sampaikan,harapan kami mudah-mudahan kegiatan ini mendapat dukungan dari semua pihak serta dapat terlaksana dengan baik sehingga membawa kemajuan demi kemashlahatan persyarikatan,ummat serta bagi bangsa dan Negara kita.

FASTABIQUL KHAIRAAT

Wassalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar